Moms, Waspada TBC pada Anak Ya, Kenali Gejalanya

Tuberkulosis atau TBC merupakan infeksi kronis yang disebabkan bakteri mycobacteriium tuberculosis (M tuberculosis). Biasanya dikenal sebagai penyakit paru-paru.

Selain menyerang paru-paru, kuman TBC juga menyerang tulang, usus, atau kelenjar. Penyakit ini bisa menyebar melalui percikan ludah, batuk, atau bersin. Tak hanya itu tuberkulosis juga dapat menyerang siapa saja. Termasuk anak-anak.

Dilansir dari Kompas, tahapan infeksi TBC pada anak-anak dibagi menjadi tiga. Pertama adalah paparan. Tahapan ini terjadi ketika seorang anak pernah berhubungan dengan orang yang mungkin menderita atau mengidap TBC.

Biasanya anak tersebut akan mengalami tes kulit (tes mantoux) negatif, rontgen dada normal, dan tidak ada gejala. Selanjutnya adalah infeksi TBC laten. Masalah ini terjadi ketika seorang anak memiliki bakteri TBC dalam tubuhnya.

Tetapi tidak menunjukkan gejala. Sistem kekebalan anak yang terinfeksi menyebabkan bakteri TBC menjadi tidak aktif.

Penyakit TBC (TBC aktif) adalah saat seorang anak memiliki tanda dan gejala infeksi aktif. Anak ini akan memiliki tes kulit positif. Rontgen dada positif juga dapat menyebarkan penyakit jika tidak diobati.

Menurut CDC, banyak anak yang terinfeksi bakter M tuberculosis tidak pernah mengembangkan TBC aktif. Tapi tetap dalam stadium TBC laten.

Nah sebagai orang tua, kesehatan si kecil sangatlah penting. Apalagi terkena penyakit yang membahayakan seprti TBC. Kenali gejalanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *