Moms, Ini Penting, Pelajarilah Manfaat Buku Digital dan Cetak, Mana yang Lebih Bermanfaat untuk Anak?

Kehidupan di era digital ini banyak buku yang dicetak paperless atau disebut e-book. Cukup bermodalkan ponsel atau laptop, sudah bisa menyimpan dan membaca e-book di mana saja.

Sebetulnya teknologi membuat orang tua dihadapkan dengan dilema. Orang tua dihadapkan pilihan, apakah memberi bacaan anak-anak secara digital atau buku cetak pada umumnya.

Menurut Scholastic, sebuah penerbit buku asal Amerika Serikat sebagaimana dilansir dari Kompas, menyebutkan orang tua lebih suka buku biasa. Sebanyak 68 persen orang tua lebih senang anak-anaknya yang berusia 6-8 tahun diberi buku biasa.

Manfaat dari buku cetak adalah memberikan pengalaman membaca yang sesungguhnya. Sebab buku biasa memberi sentuhan yang berbeda ketika membalik halaman.

Ketika orang tua membacakan dongeng sebelum tidur melalui buku cetak. Itu bisa meningkatkan minat membaca anak-anak sekaligus merekatkan hubungan orang tua dan anak.

Buku cetak juga dapat membantu anak untuk lebih berkonsentrasi dalam membaca. Sebab anak akan memerhatikan halaman yang berisi kata-kata dan gambar dengan seksama.

Beda cerita jika membaca dari e-book. Memungkinkan kosentrasi anak akan teralihkan pada notifikasi yang masuk di gadget.

Sedangkan manfaat membaca e-book, dapat memberikan gaya belajar yang unik. Lebih interaktif dan bermanfaat. Sebab anak-anak bisa langsung mencari tahu arti kata asing dengan lebih cepat, hanya dengan menekan layar.

Mana yang lebih manfaat, buku cetak atau e-book untuk anak-anak? Dua-duanya memiliki manfaat dan kelemahan berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *