Ajarkan Anak dengan Tindakan Sedehana, Demi Menjaga Kebiasaan Hidup Sehat

Mengajari anak tentang hidup sehat hal yang sangat penting. Pengetahuan itu setidaknya bisa menjadi bekal saat dwasa. Selain itu, juga untuk menjaga hidup sehat.

Mengajari tentu bukan hanya sekadar tahu. Melainkan mengapa dan bagaimana kebiasaan hidup sehat dapat dilakukan. Tentu saja harus ada yang bisa menjadi contoh untuk anak-anak. Pastinya orang tua.

Ada beberapa kebiasaan sehat yang bisa diajarkan orang tua kepada anak-anak saat masih balita. Dikutip dari Fimela, paling gampang adalah mencuci tangan. Sederhana, tapi penting.

Manfaat dari cuci tangan ini sangat luar biasa. Salah satunya menghindarkan anak dan keluarga dari kuman yang menyebabkan penyakit.

Selanjutnya mengajarkan anak agar menutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin. Bisa juga menggunakan siku saat bersin. Kebiasaan ini agar tidak menyebarkan kuman.

Kecil kemungkinan balita akan benar-benar menutup mulutnya setiap kali bersin. Tetapi dengan terus mengingatkan dan mengajarkan dengan benar, kebiasaan itu akan ditiru.

Jangan lupa membuang sampah ke tempatnya. Jangan membuang kenangan. Ingatkan selalu kepada anak untuk membuang barang bekas ke tempat sampah. Katakan padanya bahwa sampah bisa menyebarkan kuman.

Ajarkan juga kepada anak untuk selalu merawat gigi, menggunakan tabir surya, dan melindungi kepalanya dengan helm. Banyak kok yang harus diajarkan kepada anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *