Pentingnya Membuat Bayi Bersendawa dan Cara Tepat untuk Melakukannya

Salah satu kebiasaan orang tua setelah memberi makan anaknya adalah membuatnya bersendawa. Secara ilmiah, hal tersebut bisa mengatasi kondisi tak nyaman yang dirasakan bayi.

Membuat bayi bersendawa penting dilakukan. Langkah ini perlu dilakukan sejak bayi baru lahir hingga setidaknya berusia 4-5 bulan.

Dilansir dari Merdeka, sendawa pada bayi membantu mengeluarkan gas berlebih di dalam perut. Dengan keluarnya gas berlebih, memberi dampak baik pada pencernaan bayi. Dengan demikian, buah hati Anda merasa nyaman dan bisa tidur nyenyak.

Ada cara tersendiri agar bayi bisa bersendawa. Biasakan memeluk bayi di dada setelah makan. Sandarkan kepalanya ke bahu dan tepuk-tepuk punggungnya secara perlahan. Pastikan Anda menahan leher bayi dengan tangan lain ketika menepuk punggungnya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memangku bayi sambil menahan tubuh dan kepalanya dengan satu tangan. Tepuk punggung bayi dengan lembut untuk mengeluarkan udara.

Jika bayi tidak nyaman dengan kedua posisi tersebut, buat mereka tengkurap. Cara ini tidak hanya membantu melepaskan gas dari perut. Namun juga menghilangkan rasa tak nyaman setelah makan.

Jika cara-cara di atas masih belum membuat bayi tidak nyaman, cobalah buka tautan berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *