Moms, Bisa Kok Atasi Ketakutan Anak Main di Air, Simak Cara-caranya

Anak kecil saat mandi tampak antusias. Terutama pada saat mandi sambil berendam. Namun pada saat diajak rekreasi ke pantai, danau, atau sungai yang besar, mereka kerap ketakutan. Tiba-tiba seperti ada trauma atau sindrom terhadap air.

Terlebih saat di pantai. Mereka begitu antusias melihat ombak dan air di tepi laut. Namun Ketika kaki sudah masuk ke air, banyak anak-anak yang ketakutan.

Masalah ini sebetulnya bisa dilatih. Dikutip dari Fimela, ada beberapa tahapan agar anak tidak takut saat bermain air di sungai, danau atau pantai.

Ajaklah si kecil berendam secara bertahap. Misalnya hari pertama hanya mencelupkan jari kaki. Keesokannya merendam kaki hingga selutut, dan hari berikutnya naik ke pinggang. Pastikan anak benar-benar merasa nyaman berada di air.

Berilah kaca mata warna-warni atau pelampung sayap air dengan karakter favoritnya. Aksesoris ini bisa membuat buah hati merasa nyaman dan aman.

Berikan ketenangan kepada anak. Minimal orang tua akan membantu sekaligus memahami alasan di balik ketakutannya.

Jika sudah melakukan beberapa tindakan, namun belum menunjukkan perubahan, ada baiknya berkonsultasikan pada dokter anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *