Ingat! Jangan Tinggalkan Anak Kecil di Mobil Sendirian, Bahaya Mengintai

Mengajak buah hati naik mobil sambil berkeliling sangat asyik. Anak bisa diajarkan tentang apa yang mereka lihat dari dalam mobil.

Semisal saat tamasya bisa mengajarkan beberapa hal yang tidak diketahui sebelumnya. Bisa tanaman, kepatuhan berlalu lintas, dan keamanan berkendara.

Namun masih sering dijumpai orang tua lupa. Yakni meninggalkan buah hati di dalam mobil. Padahal itu berbahaya banget.

Dilansir Kompas, Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan pada dasarnya umur berapa pun anak kecil, jangan sampai ditinggal di dalam mobil. Dampak dari tindakan tersebut sangat fatal karena dapat menyebabkan kematian.

Dampak yang sering terjadi adalah anak akan pingsan. Bisa-bisa mati lemas karena keracunan gas buang kendaraan yang masuk ke dalam kabin kendaraan.

Marcell menambahkan, jika anak terkunci di dalam mobil, bisa menyebabkan fatalitas. Itu bisa terjadi bila panas di dalam kabin naik. Atau terjadi kebocoran karbon dioksida.

Dalam kondisi tersebut, anak akan dehidrasi dan kehabisan oksigen. Jika situasi terjadi dalam waktu yang lama, anak bisa saja meninggal.

“Bisa saja (kekurangan oksigen), karena bila mobil diparkir tanpa menyalakan mesin dan AC, suhu kabin bisa naik signifikan. Hal itu dapat menyebabkan kepanasan dan dehidrasi.” Kata Marcell.

Sebetulnya banyak beberapa hal yang bisa menyebabkan fatalitas. Berikut penjelasan Marcell.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *