Waspada! Mental Anak-anak Bisa Terganggu Akibat Pandemi, Ini Gejalanya

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia memaksa seluruh kegiatan dibatasi. Salah satu yang ikut terkena dampaknya adalah anak-anak. Sebab, ruang geraknya kini menjadi terbatas.

Mereka sebagai salah satu kelompok yang rentan terhadap penularan virus. Apalagi anak-anak menghabiskan banyak waktu di rumah. Sehingga muncul kebosanan.

Dilansir dari Liputan6, Ali Aulia Ramly, spesialis perlindungan anak UNICEF menerangkan bahwa Covid-19 dapat menyebabkan berbagai dampak. Tak terkecuali menyebabkan depresi atau stress pada anak.

Ada beberapa gejala gangguan kesehatan mental pada anak. Di antaranya menjadi lebih banyak diam, kehilangan semangat, mudah marah, lebih banyak tidur atau kesulitan tidur, dan kehilangan nafsu makan.

Orang tua perlu melakukan berbagai hal untuk membantu menjaga kesehatan mental anak. Bisa dimulai dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Sehingga anak akan lebih terarah dan tidak mudah bosan.

Orangtua juga perlu memberikan perhatian secara penuh kepada anak disertai pengajaran untuk tetap bersikap positif. Antisipasinya ada di tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *