8 Penyebab Anak Pilih-pilih Makanan dan Cara Mengatasinya

Anak yang pilih-pilih makanan atau picky eater menjadi masalah bagi orang tua. Biasanya anak-anak langsung menutup mulut atau memberontak. Kadang menyingkirkan makanan yang tidak ia sukai. Sebut saja sayur atau buah.

Hal ini membuat orang tua khawatir akan kesehatan anak-anak. Sebab asupan nutrisi bisa tidak tercukupi. Dampaknya orang tua harus memeras otak mencari penyebab dan cara mengatasinya.

Dilansir dari Liputan6, ada delapan penyebab anak menjadi picky eater. Pertama pola makan anak tidak teratur, meniru lingkungan sekitar yang juga suka pilih-pilih makanan, anak sudah tidak lapar, terbiasa pilih-pilih terhadap makanan baru.

Bisa juga karena bosan dengan menu makanan, anak ingin makan sendiri, anak sedang tidak enak badan, dan makanan terasa aneh di lidah anak.

Pola makan anak yang tidak teratur menyebabkan anak suka pilih-pilih makanan. Hal ini dipicu oleh kebiasaan makan makanan ringan terlalu sering dibandingkan mengonsumsi makanan utama.

Sehingga orang tua perlu memulai membiasakan anak untuk makan makanan utama tiga kali sehari dan camilan dua kali sehari. Anak yang pilih-pilih makanan bisa juga disebabkan karena meniru lingkungan sekitar.

Misalnya ayah atau ibu atau kakak yang juga picky eater. Beberapa penyebab lain yang menyebabkan anak pilih-pilih makanan. Ini cara mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *